Kamis, 06 Oktober 2011

Ilmu Sosial Dasar 2

Ratusan Mahasiswa Aksi Jalan Kaki Tuntut SBY-Boediono Mundur

JAKARTA- Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Jabodetabek akan melakukan aksi di depan Istana Negara meminta agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono mundur.

Dalam aksinya yang akan dilakukan siang nanti, Rabu (28/9/2011) para mahasiswa akan melakukan long march menuju Istana Negara. Para mahasiswa itu akan kumpul di LBH Jakarta selanjutnya menuju Salemba arah ke Kwitang, kemudian melewati Tugu Tani, Gambir, Monas dan titik akhir berada di Istana Negara.

Dalam aksinya itu mahasiswa meminta agar SBY-Boediono mundur dari pemerintahan sekarang. Para mahasiswa tersebut sepakat secara bersama-sama untuk melengserkan kepemimpinan SBY-Boediono karena dianggap gagal dalam menjalankan fungsi negara.

"Tidak ada bedanya antara Indonesia saat ini dengan Indonesia zaman sebelum kemerdekaan karena masih adanya wujud fisik penindasan," kata koordinator lapangan, Denny dalam rilis yang diterimaokezone, Rabu (28/9/2011).

Sementara itu selain melakukan aksi jalan kaki mereka juga melakukan aksi pembagian selebaran kepada masyarakat.


sumber :
http://news.okezone.com/read/2011/09/28/338/507969/ratusan-mahasiswa-aksi-jalan-kaki-tuntut-sby-boediono-mundur


Pendapat saya :

Menurut saya, demonstrasi yang dilakukan mahasiswa sah-sah saja selama tidak membuat kekacauan yang dapat merugikan banyak pihak. Tujuan demonstrasi tersebut juga tidak semata-mata hanya untuk mencari kehebohan saja, tetapi untuk membantu agar mencapai kehidupan yang lebih baik kedepannya. Pemerintah juga seharusnya lebih tanggap lagi dalam menjalankan roda pemerintahan dan menanggapi setiap permasalahan yang dialami oleh warga negaranya dan tidak hanya mengurusi kepentingan pribadi dan partainya. Hal itu akan dapat mengakibatkan menurunnya rasa percaya masyarakat terhadap kepemimpinan Pemerintah, seperti demonstrasi yang terjadi pada artikel diatas.

Kita sebagai warga negara yang baik juga seharusnya tidak terlalu anarkis dalam melakukan demonstrasi, seperti dengan merusak berbagai fasilitas umum. Karena hal itu sangat merugikan orang lain yang akan menggunakan fasilitas-fasilitas umum tersebut. Selain itu kita juga dirugikan karena akan ditindak oleh Pihak yang berwajib untuk mempertanggungjawabkan perbuatan tersebut.

Untuk menjaga agar tidak terjadi kekacauan seperti yang disebutkan maka solusi yang perlu dilakukan antara lain :
  • Pihak Keamanan menjaga dengan ketat jalannya demonstrasi dan dengan sigap menindak hal-hal yang dianggap dapat memicu timbulnya kerusuhan.
  • Para demonstran juga harus berkepala dingin dalam melaksanakan kegiatan demonstrasi ini. Jangan mudah terhasut omongan-omongan yang dapat memicu emosi.
  • Pemerintah juga dengan sigap menanggapi dan menjawab demonstrasi ini dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By:
SkinCorner